Kebijakan Penggunaan Jaringan |
Kebijakan Penggunaan Jaringan
# Apa itu Kebijakan Penggunaan Jaringan
Kebijakan Penggunaan Jaringan Keamanan Jaringan : Kebijakan Dan Ancaman Pada Keamanan Jaringan ABSTRAK : adalah bentuk dari pencegahan atau deteksi pada hal-hal yang bersifat gangguan dan akses tak seharusnya pada Sistem Jaringan Komputer.
Apa sih tujuannya? dilakukan penggunaan jaringan yaitu supaya bisa mengantisipasi resiko ganguan jaringan komputer berupa bentuk ancaman fisik maupun logik baik langsung ataupun tidak langsung mengganggu aktifitas yang sedang berjalan dalam jaringan komputer.
Kebijakan policy yang akan di peroleh untuk penggunaan jaringan pada komputer pada mapel ini dibagi menjadi 3 organisasi antara lain kebijakan organisasi etika menggunakan jaringan dan kebijakan mengakses computer.
A. Kebijakan organisasi
Kebijakan policy dalam organisasi Ialah suatu kebijakan yang organisasi-organisasi dari istansi atau lembaga dalam ruang lingkup keamanan jaringan untuk mengakses pada sistem jaringan di tempat tersebut.
B. Kebijakan penggunaan jaringan Komputer
Network computer penggunaan Ialah suatu kebijakan organisasi-organisasi istansi atau lembaga dalam ruang lingkup keamanan jaringan untuk akses pada sistem jaringan di tempat tersebut. antara contoh dari kebijakan organisasi adalah :
1. Tata kelola sistem komputer personal;
2. Pengaturan kerapian pengkabelan Lan
3. Pengaturan akses Wifi internet anda
4. Manajemen data organisasi jaringan anda
5. Sinkronisasi antar sub-organisasi
6. Manajemen Sumber daya Komputer
7. Maintenance (perbaikan jaringan) anda
8. (hecking berkala) dalam waktu kurang lama
C. Etika dalam Menggunakan Jaringan yang aman dan baik
Sebaiknya Setiap kita melakukan suatu kegiatan pasti ada aturan atau etika yang harus dilakukan mengapa demikian, karena agar tidak bisa berdampak negatif bagi kita sendiri maupun orang lain yang menggunakannya. Kalau begitu juga saat menggunakan jaringan kita juga harus memperhatikan etika-etika yang berlaku. diantaranya etika tersebut antara lain yaitu :
1. Memahami Akses Pengguna Jaringan yang anda jalankan
2. Memahami kualitas daya Organisasi organisasi dalam penggunaan jaringan yang anda jalankan
3. Pengaturan penempatan sub-organ jaringan
3. aksesi kebijakan Mengakses Komputer Dalam suatu kebijakan pengguna jaringan" tidak jarang juga terdapat kebijakan pengguna saat mengakses computer" diantaranya adalah :
1. Manajemen pengguna
2. Manajemen sistem komputer
3. ManajemenWaktu akses
Jaringan komputer terkait juga dengan internet. dan juga banyak memiliki banyak kelemahan, dalam interaktif perlu membangun suasana yang nyaman bagi lawan interaktif kita. Salah satu kelemahan internet sebagai media interaktif yaitu:
a) Kalian tidak tahu apa kondisi emosi lawan interaktif atau tidak interactif,
b) Kita tidak tahu karakter lawan interaktif,
c) Kita bisa dengan tidak sengaja menyinggung perasaan seseorang.
Istilah yang dikenal sebagai 'netiket' atau nettiquette. Netiket adalah etika dalam berkomunikasi dalam dunia maya. Etika ini sangat di butuhkan karena Etika ini penting dipahami agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terutama mispersepsi atau hal lain yang berujung pada pelanggaran undang-undang yang berlaku.
Contoh dari netiket:
1. Jangan Gunakan Huruf Kapital
2. etika mengutip “copy paste”
3. Tindakan yang berbeda untuk Pesan Pribadi dengan Pesan Umum
4. Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax
5. Ketika 'Harus' Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu.
6. Hindari Personal Attack
7. Kritikan dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)
8. Dilarang menghina Agama :
9. Cara bertanya yang baik :
1. Gunakan bahasa yang sopan.
2. Tidak mengasumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
3. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
4. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
5. Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab!
D. Kebijakan mengakses komputer
dikegiatan kebijakan penggunaaan jaringan, tidak jarang juga terdapat kebijakan pengguna saat mengakses Komputer, diantaranya adalah :
1. Managemen penggunaqn; membagi group user menjadi beberapa bagian dari mulai super user (admin) sampai pada guest (tamu)
2. Manajemen sistem komputer; menerapkan policy (kebijakan) tentang budaya perusahaan/organisasi yang positif harus bagaimana.
3. Manajemen waktu akses; melimitkan akses yang dibolehkan hanya pada waktu-waktu tertentu.
Makasih bang
ReplyDeletebermanfaat sekalee
ReplyDelete