Social Items

Pengertian,Jenis,dan Unsur-Unsur Beserta Contoh surat lamaran Kerja 

Surat lamaran Kerja haruslah memberikan gambaran tentang kualifikasi pelamar dan artikel ini akan membahas sedikit tentang surat lamaran kerja





SURAT LAMARAN PEKERJAAN
 Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan. Melalui surat lamaran, pelamar meminta agar ia diberi pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan dapat juga diartikan sebagai surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan agar karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan biasanya bersifat formal atau resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai dengan iklan yang ditawarkan. Dalam hal ini, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan sumber lamaran tersebut pada alinea atau paragraf pembuka. Jika lamaran itu tidak berdasarkan pada suatu sumber, tentu tidak diperlukan penyebutan sumber pada alinea pembuka.

Jenis-jenis Surat Lamaran Pekerjaan
Menurut jenis pembuatannya surat lamaran pekerjaan terbagi menjadi dua, yaitu :
a.       Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan, cara ini juga disebut model gabungan.
b.      Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut model terpisah.
Dalam praktek pemakain yang banyak dipakai adalah model terpisah. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, dan model ini lebih digemari oleh pencari kerja karena suratnya tidak terlalu panjang.
             Sumber-Sumber Lamaran Pekerjaan
  Sumber-sumber lamaran pekerjaan diantaranya :
a.      Sumber lowongan pekerjaan tanpa sumber tertentu
b.      Sumber lowongan pekerjaan dari media tertentu
c.      Sumber lowongan pekerjaan dari referensi pihak tertentu
          Unsur-unsur Penting Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran yang baik sekurang-kurangnya mempunyai ciri-ciri :
a.       Mempunyai bentuk yang menarik
b.      Mempunyi bahasa yang menarik
c.       Menggambarkan kemampuan pelamar
d.      Tepat pada sasaran
Hal-hal yang harus dicantumkan dalam surat lamaran pekerjaan agar tercapai tujuan pembuatannya diantaranya :
a.       Menyebutkan sumber lamaran
b.      Identifikasi diri lengkap dari pelamar
Identifikasi diri lengkap dari pelamar meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap,nomor telepon,hand phone atau alat bantu komunikasi lainnya. Identifikasi diri dari pelamar harus memudahkan pihak perusahaan menghubungi pelamar.
c.       Posisi yang dikehendaki
d.      Riwayat pendidikan
e.       Riwayat pekerjaan (bila ada)
f.       Kemampuan lain yang dimiliki
g.      Referensi (bila ada dan pelamar memandang  pihak pemberi referensi mempunyai pengaruh terhadap pengambilan keputusan)
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat lamaran, yaitu sebagai berikut :
1.      Surat lamaran ditulis tangan di atas kertas bergaris ukuran folio. Tulisan harus jelas, bersih, dan tidak ada coretan. Surat lamaranpun dapat dibuat menggunakan mesin tik atau komputer.
2.      Pelamar menyebutkan dirinya bukan dengan kata ganti kami melainkan saya. Pelamar harus menyebut pimpinan instansi dengan Bapak/Ibu (jika sudah jelas pemimpinnya). Apabila masih belum jelas, dapat langsung menyebutkan jabatannya.
Dalam surat lamaran pekerjaan, terdapat unsur-unsur surat, yakni :
1.      Kepala surat
2.      Tempat dan tanggal penulisan surat
3.      Salam pembuka
4.      Pembuka surat
5.      Tujuan surat lamaran pekerjaan
6.      Lampiran persyaratan yang ditentukan
7.      Penutup surat
8.      Tanda tangan dan nama jelas pelamar

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Klik Link Berikut

kalau bermanfaat buat anda,Jangan lupa share dan comment ,ok sampai jumpa dengan artikel yang baru dan bermanfaat 

Yang dimaksud Surat Lamaran Kerja

Mr Reizal

Pengertian,Jenis,dan Unsur-Unsur Beserta Contoh surat lamaran Kerja 

Surat lamaran Kerja haruslah memberikan gambaran tentang kualifikasi pelamar dan artikel ini akan membahas sedikit tentang surat lamaran kerja





SURAT LAMARAN PEKERJAAN
 Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan. Melalui surat lamaran, pelamar meminta agar ia diberi pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan dapat juga diartikan sebagai surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan agar karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan biasanya bersifat formal atau resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai dengan iklan yang ditawarkan. Dalam hal ini, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan sumber lamaran tersebut pada alinea atau paragraf pembuka. Jika lamaran itu tidak berdasarkan pada suatu sumber, tentu tidak diperlukan penyebutan sumber pada alinea pembuka.

Jenis-jenis Surat Lamaran Pekerjaan
Menurut jenis pembuatannya surat lamaran pekerjaan terbagi menjadi dua, yaitu :
a.       Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan, cara ini juga disebut model gabungan.
b.      Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut model terpisah.
Dalam praktek pemakain yang banyak dipakai adalah model terpisah. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, dan model ini lebih digemari oleh pencari kerja karena suratnya tidak terlalu panjang.
             Sumber-Sumber Lamaran Pekerjaan
  Sumber-sumber lamaran pekerjaan diantaranya :
a.      Sumber lowongan pekerjaan tanpa sumber tertentu
b.      Sumber lowongan pekerjaan dari media tertentu
c.      Sumber lowongan pekerjaan dari referensi pihak tertentu
          Unsur-unsur Penting Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran yang baik sekurang-kurangnya mempunyai ciri-ciri :
a.       Mempunyai bentuk yang menarik
b.      Mempunyi bahasa yang menarik
c.       Menggambarkan kemampuan pelamar
d.      Tepat pada sasaran
Hal-hal yang harus dicantumkan dalam surat lamaran pekerjaan agar tercapai tujuan pembuatannya diantaranya :
a.       Menyebutkan sumber lamaran
b.      Identifikasi diri lengkap dari pelamar
Identifikasi diri lengkap dari pelamar meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap,nomor telepon,hand phone atau alat bantu komunikasi lainnya. Identifikasi diri dari pelamar harus memudahkan pihak perusahaan menghubungi pelamar.
c.       Posisi yang dikehendaki
d.      Riwayat pendidikan
e.       Riwayat pekerjaan (bila ada)
f.       Kemampuan lain yang dimiliki
g.      Referensi (bila ada dan pelamar memandang  pihak pemberi referensi mempunyai pengaruh terhadap pengambilan keputusan)
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat lamaran, yaitu sebagai berikut :
1.      Surat lamaran ditulis tangan di atas kertas bergaris ukuran folio. Tulisan harus jelas, bersih, dan tidak ada coretan. Surat lamaranpun dapat dibuat menggunakan mesin tik atau komputer.
2.      Pelamar menyebutkan dirinya bukan dengan kata ganti kami melainkan saya. Pelamar harus menyebut pimpinan instansi dengan Bapak/Ibu (jika sudah jelas pemimpinnya). Apabila masih belum jelas, dapat langsung menyebutkan jabatannya.
Dalam surat lamaran pekerjaan, terdapat unsur-unsur surat, yakni :
1.      Kepala surat
2.      Tempat dan tanggal penulisan surat
3.      Salam pembuka
4.      Pembuka surat
5.      Tujuan surat lamaran pekerjaan
6.      Lampiran persyaratan yang ditentukan
7.      Penutup surat
8.      Tanda tangan dan nama jelas pelamar

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Klik Link Berikut

kalau bermanfaat buat anda,Jangan lupa share dan comment ,ok sampai jumpa dengan artikel yang baru dan bermanfaat 

No comments